Agar orang lain mengetahui apa yang kita lakukan besrta hasilnya, maka wajib bagi kita menuliskan laporan hasil eksperimen yang telah kita laksanakan. Sebuah laporan eksperimen haruslah ditulis dengan jelas, tetapi tidak perlu berpanjang-panjang. Pilihlah bahasa yang tepat dengan kalimat-kalimat yang efektif dan efisien.

Walaupun ada berbagai versi dalam penulisan laporan, tetapi eksperimen sebaknya berisi komponen-komponen berikut :

Ø Judul

Ø Tujuan

Ø Peralatan

Ø Teori singkat

Ø Cara pelaksanaan

Ø Hasil eksperimen dan perhitungan

Ø Kesimpulan

I. Judul

Judul sebaiknya dibuat singkat. Judul merupakan identifikasi ataupun bagian terpenting dari apa yang kita lakukan dalam eksperimen. Misalnya pengukuran percepatan gravitasi bumi dengan benda jatuh bebas, judulnya dapat kita sebutkan “Benda Jatuh Bebas” atau “Pengukuran Percepatan Gravitasi” saja.

II. Tujuan

Dibagian ini dituliskan dengan lengkap tujuan dari eksperimen. Misalnya untuk contoh pengukuran percepatan gravitasi diatas dapat kita tuliskan tujuan sebagai berikut :

1. Menentukan besarnya percepatan gravitasi dengan benda jatuh bebas.

2. Memeriksa kebenaran rumus : h = 1/2 gt2.

III. Peralatan

Sebutkan semua peralatan yang diperlukan bersama spesifikasinya. Mengambil contoh benda jatuh bebas di atas, kita sebutkan :

1. Stopwatch (tuliskan merk dan ketelitian ukurnya)

2. Bola baja (sebutkan diameter dan massanya)

3. Penggaris (sebutkan panjang dan skala terkecilnya)

4. Dan seterusnya.

IV. Teori

Di bagian ini, tuliskan secara singkat tetapi lengkap tentang teoriyang berkenaan dengan eksperimen yang dilakukan. Bila perlu lengkapi dengan gambar atau diagram. Tuliskan rumus yang dipakai bersama buktinya.

V. Cara Pelaksanaan

Dalam bagian ini tuliskan secara berurutan apa yang kita laksanakan dan bagaimana melaksanakannya. Biasanya bagian ini dimulai dengan memasang peralatan eksperimen dan kemudian baru bagaimana eksperimen dilakukan.

VI. Hasil Eksperimen dan Perhitungan

Dibagian ini dituliskan kembali hasil eksperimen yang telah dilaksanakan. Lakukan perhitungan dengan rumus-rumus yang terdapat dalam teori. Bila diminta membuat grafik, buatlah dengan menggunakan kertas milimeter. Lengkapi perhitungan dengan teori ralat. Tuliskan hasil akhir eksperimen baik berupa angka maupun komentar lainnya. Hasil akhir yang berupa angka harus menyertakan ralat mutlak dan ralat nisbi.

VII.Kesimpulan

Buatlah kesimpulan yang Anda peroleh dari eksperimen ini. Kesimpulan yang bersifat khusus (setidaknya menurut pandangan saudara) mungkin akan berguna bagi orang lain.

About these ads